SEJARAH SINGKAT

Bermula dari gagasan Ibu Fatmawati Soekarno yang pada saat itu sebagai Ibu Negara Republik Indonesia, bermaksud mendirikan Rumah Sakit Tuberculose Anak-anak untuk perawatan serta tindakan rehabilitasinya.

Pada tanggal 24 Oktober 1954 pembangunan gedung rumah sakit TBC dengan nama Rumah Sakit Ibu Soekarno mulai dilaksanakan. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Ibu Fatmawati.

Sesuai dengan SK Menteri Kesehatan RI No. 21286/KEP/121 tanggal 1 April 1961 fungsi rumah sakit berubah menjadi Rumah Sakit Umum. Penyelenggaraan, pembiayaan dan pemeliharaan rumah sakit dilaksanakan oleh dan dengan anggaran Departemen Kesehatan RI. Keputusan ini berlaku mulai tanggal 15 April 1961 dan selanjutnya ditetapkan sebagai Hari Jadi RSUP Fatmawati.

Awal tahun 1967, RSU Ibu Soekarno diganti nama menjadi RSUP Fatmawati dan ditetapkan sebagai Pusat Rujukan Wilayah Jakarta Selatan. Sejak tanggal 30 Mei 1984, RS Fatmawati dinyatakan sebagai Rumah Sakit Umum Kelas B yang dipergunakan sebagai tempat pendidikan calon dokter dan calon dokter spesialis. Selanjutnya tanggal 13 Juni 1994 RSUP Fatmawati mendapat predikat tambahan, sebagai Rumah Sakit Umum Kelas B Pendidikan.

Pada tahun 1992, status RSUP Fatmawati ditetapkan sebagai Rumah Sakit Unit Swadana bersyarat, kemudian tahun 1994, status itu meningkat menjadi Rumah Sakit Unit Swadana Tanpa Syarat.

Dengan dikeluarkannya UU No. 20 tahun 1997 sejak bulan Juli 1997 RSUP Farmawati mengalami perubahan kebijakan dari Unit Swadana menjadi instansi pengguna PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Logo RSF yang digambarkan sebagai bunga "Teratai" ditetapkan berdasarkan SK Direktur No. HK.00.07.1.6900 tanggal 17 Agustus 1996. Kemudian pada tanggal 31 Maret 1997 diciptakan Hymne RS Fatmawati (Padma Puspita) oleh Guruh Soekarno Putra.
Pada bulan Desember 2000, Rumah Sakit Fatmawati berubah status sebagai Rumah Sakit Perjan (Perusahaan Jawatan) yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 117 tahun 2000, tentang Pendirian Persahaan Jawatan Rumah Sakit Fatmawati Jakarta, sehingga tata organisasi dan kebijakan disempurnakan.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No.23 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dan Keputusan Menteri Kesehatan No. 1243/Menkes/SK/VIII/2005 tanggal 11 Agustus 2005 tentang Penetapan 13 eks Rumah Sakit PERJAN menjadi UPT Departemen Kesehatan dengan menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, maka RSUP Fatmawati berubah status menjadi Badan Layanan Umum (BLU) RSUP Fatmawati.

VISI DAN MISI

VISI

"Menjadi Rumah Sakit terkemuka yang memberikan pelayanan yang melampaui harapan pelanggan"

MISI

  • Memberikan pelayanan medis yang sesuai dengan standar pelayanan dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dengan unggulan pelayanan Orthopaedi dan Rehabilitasi Medik.
  • Memfasilitasi dan meningkatkan pendidikan, pelatihan dan penelitian untuk pengembangan sumber daya manusia dan pelayanan.
  • Menyelenggarakan administrasi rumah sakit yang efisian dan efektif.
  • Melaksanakan pengelolaan keuangan yang fleksibel berdasarkan prinsip ekonomi dan penerapan praktek bisnis yang sehat.
  • Mengutamakan keselamatan pasien dan menciptakan lingkungan sehat
  • Meningkatkan kesejahteraan sumber daya manusia RS.

FALSAFAH

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menjunjung tinggi kehidupan dan nilai - nilai luhur kemanusiaan.
  3. Menghargai pentingnya persatuan.
  4. Menjunjung keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

NILAI

* Tanggung Jawab.

* Profesionalisme.

* Ramah.

* Peduli.

* Jujur.

MOTO

" (We Care) Kami Peduli Dengan Kesehatan Anda "

MENGAPA ORANG LEBIH MEMILIH RS FATMAWATI

* Jajaran manajerial RSUP Fatmawati membangun sistem yang terintegrasi secara kontinyu dan berkesinambungan yang terdiri dar sistem manajemen (Continuum of Care) RSUP Fatmawati, sistem informasi manajemen, sistem rewards, maupun sistem pendidikan. Artinya semua sistem yang terkait pada upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan peningkatan kesejahteraan karyawan dibangun dan ditata kembali mengikuti tuntutan zaman dan bermua pada customer satisfaction.

* Perubahan paradigma "dilayani" menjadi "melayani" mendasari upaya peningkatan pelayanan prima yang berorientasi kepada pelanggan. Manajemen diciptakan untuk mendukung para profesion dan petugas lini depan dan profesional dan petugas Lini depan RS Fatmawati diciptakan untuk memberikan pelayanan yang bermutu.

* Dilengkapi dengan peningkatkan kualitas transparansi, akuntabilita pelayanan, penanganan keluhan pelanggan serta motto "Melayani dengan hati" merupakan sikap tulus ikhlas dalam memberikan pelayanan serta membantu menciptakan kesinambungan pelayanan agar pelanggan bukan sekedar puas tetapi menjadi loyal. Dengan ka lain, Fatmawati harus mampu menjadi RS yang bermutu, terjangka dan manusiawi.

AKREDITASI

April 2004


Akreditasi Lengkap untuk 16 pelayanan (April 2004), yang meliputi Administrasi & Manajemen, pelayanan Medis, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Keperawatan, Rekam Medis, Farmasi, K3, Radiologi, Laboratorium, Kamar Operasi, Pengendalian Infeksi, di Rumah Sakit, Laboratorium, Perinatal Resiko Tinggi, Pelayanan Darah, Pelayanan Gizi, Rehabilitasi Medik, dan Pelayanan Intensif.

September 2002
Akreditasi Penuh Tingkat Lanjut untuk 12 pelayanan (September 2002 ).

17 Februari 1997
Akreditasi Penuh untuk lima jenis pelayanan pada tanggal 17 Februari 1997.

PENGHARGAAN
Desember 2005
Juara I Program Pengendalian Resistensi Anti Mikroba (PPRA) yan dilakukan penilaian pada tanggal 19 s.d 20 Oktober 2005 dan pemberian penghargaan pada saat puncak acara Hari Kesehatan Nasional tanggal 7 Desember 2005 di Cikampek yang diserahkan kepada Direktur Utama BLU RSUP Fatmawati Dr. Kemas Akib Aman, SpR,MARS

September 2004
Memperoleh trophy Citra Pelayanan Prima, merupakan Penghargaan Presiden RI untuk Unit Pelayanan Percontohan Terbaik pada tanggal 6 September 2004.

September 2004
Memperoleh 5 penghargaan pada saat mengikuti Konvensi Nasional Mutu Rumah Sakit ke V di Ciloto pada tanggal 30 Agustus 2004 - 1 September 2004 yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan.

Desember 2003
Tim Kesehatan Remaja RSUP Fatmawati sebagai Tim Sosio Klinik terbaik (Desember 2003) pada Lomba Tim Sosio Klinik yang diselenggarakan oleh Deartemen Kesehatan.


Desember 2003
Tim Pengendalian Infeksi Nosokomial terbaik (Desember 2003), pada Lomba tim Klinik yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan.

Oktober 2003
International Award sebagai "The First Problem Solver for Better Hospital" (10 Oktober 2003), dari The Dreyfus Health Foundation New York.

0 komentar: